Wednesday, April 28, 2010

EFEK SEEBECK
Efek yang Seebeck adalah konversi suhu perbedaan langsung ke listrik. Seebeck menemukan bahwa sebuah kompas jarum akan dibelokkan bila tertutup terbentuk dari dua logam bergabung di dua tempat dengan perbedaan suhu antara persimpangan. Hal ini karena logam bereaksi berbeda terhadap perbedaan suhu, yang menciptakan loop arus, yang menghasilkan medan magnet. Namun, pada saat ini tidak mengenali ada arus listrik yang terlibat, maka ia disebut fenomena efek thermomagnetic, berpikir bahwa dua logam menjadi magnet terpolarisasi oleh gradien suhu. Fisikawan Denmark, Hans Christian Ørsted memainkan peran vital dalam menjelaskan dan hamil istilah "thermoelectricity".
. Efeknya adalah bahwa tegangan, yang thermoelectric EMF, dibuat di hadapan seorang suhu perbedaan antara dua logam yang berbeda atau semikonduktor. Ini menyebabkan arus yang terus-menerus dalam konduktor jika mereka membentuk loop lengkap. Menciptakan tegangan adalah urutan dari beberapa microvolts per kelvin perbedaan. Salah satu kombinasi, tembaga - constantan, memiliki koefisien Seebeck 41 microvolts per kelvin pada suhu kamar.

yang dapat di beberapa konfigurasi yang berbeda dan diatur oleh persamaan yang sama), tegangan yang dikembangkan dapat diturunkan dari:


juga disebut thermoelectric kekuasaan atau thermopower) dari logam A dan B sebagai fungsi temperatur, dan T 1 dan T 2 adalah suhu dari dua persimpangan. Para koefisien Seebeck non-linear sebagai fungsi temperatur, dan bergantung pada konduktor 'temperatur absolut, bahan, dan struktur molekul. Jika koefisien Seebeck secara efektif konstan selama rentang temperatur diukur, rumus di atas dapat diperkirakan sebagai:


Seebeck Efek yang biasa digunakan dalam alat yang disebut termokopel (karena dibuat dari persimpangan coupling atau bahan, biasanya logam) untuk mengukur perbedaan suhu secara langsung atau untuk mengukur suhu mutlak dengan menetapkan satu ujung ke suhu yang dikenal. Sebuah logam yang tidak diketahui komposisi dapat diklasifikasikan oleh efek TE jika pemeriksaan logam yang diketahui komposisi, dijaga pada suhu konstan, diadakan di kontak dengan itu. Instrumen kontrol kualitas industri menggunakan efek Seebeck ini untuk mengidentifikasi logam paduan. Beberapa termokopel ketika tersambung secara seri yang disebut thermopile, yang kadang-kadang dibangun dalam rangka meningkatkan tegangan keluaran tegangan sejak diinduksi atas pasangan masing-masing individu kecil. Ini juga merupakan prinsip di balik dioda termal dan thermoelectric generator (seperti radioisotop thermoelectric generator atau RTGS) yang digunakan untuk menciptakan perbedaan kekuatan dari panas. Seebeck efek yang disebabkan oleh dua efek: muatan carrier Fonon difusi dan seret (dijelaskan di bawah). Jika kedua koneksi yang diadakan pada suhu yang sama, tetapi satu sambungan secara periodik membuka dan menutup, sebuah tegangan AC diukur, yang juga tergantung suhu. Aplikasi ini dari Kelvin probe kadang-kadang digunakan untuk berpendapat bahwa fisika dasar hanya perlu satu persimpangan. Dan efek ini masih terlihat jika kabel hanya datang dekat, tapi jangan sentuh, sehingga tidak ada difusi diperlukan.





0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home